oleh

5 Alasan Seseorang Harus Menikah Dalam Islam

Infoyay.com – Alasan Seseorang Harus Menikah ini menjadi hal yang baik untuk bisa kita pelajari. Terlebih saat ini tak sedikit muda mudi bahkan bagi mereka yang usianya telah matang untuk melangsungkan pernikahan.

Apa sih sebenarnya yang menjadi faktor kebingungan mereka? Itulah yang sebenarnya bisa kita bedah kali ini. Sebab, kalau dilihat dari persyaratan nikahnya tak terlalu sulit.

Simak saja, artikel terkait berikut: Persyaratan Nikah di KUA.

Intinya adalah bagi seorang wanita setidaknya dalam menentukan pasangan hidupnya harus tepat dan sesuai dengan kriteria dalam agamnya dalam memilih pasangan hidup.

Begitu juga bagi lelaki yang akan menjadi seorang suami setidaknya bisa memilih pasangan hidupnya dengan baik. Karena ini yang akan menemani masa depan hidup berdua selamanya.

Simak selanjutnya pada artikel berikut: Kaum Lelaki Harus Tahu Ini Syarat Mencari Calon Istri

Dengan beberapa informasi di atas, setidaknya kita bisa memahami bagaimana dalam memilih seorang pasangan hidup.

Lalu apa alasan menikah dalam islam?

Alasan Alasan Menikah

Setidaknya ada beberapa hal yang bisa ktia ketahui mengapa kita harus menikah? Ada lima faedah alasan seseorang harus menikah dalam islam, seperti yang disebutkan Abu Hamid Al-Ghazali dalam kitab ‘Ihya Ulumuddin, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Untuk memperoleh keturunan

Alasan menikah ini sudah umum kita ketahui. Karena prinsip utama melandasi syariat pernikahan adalah memperoleh keturunan. Jadi hidup beregenerasi dan silaturahmi terus berlangsung.

Seperti sebuah hadits Rasulullah bersabda: “Nikahilah perempuan yang penyayang dan berpotensi beranak banyak, sebab di hari kiamat aku bangga menyaksikan jumlah kalian yang banyak.”

2. Menjaga Diri Dari Tipu Daya Setan

Tentu yang kedua adalah agar terhindar dari tipu daya setan, untuk apa? Agar dapat mengendalikan syahwat dan memelihara pandangan mata, serta memelihara kemaluan.

Sebagaimana telah diisyaratkan Rasululla SAW. “Barangsiapa dinugerahkan Allah istri yang shalihah, sungguh Dia telah menolong separo agamanya, maka hendaknya ia bertakwa kepada Allah dalam separo yang lainnya.”

3. Relaksasi dan Penyegaran Jiwa

Wajar saja jika hal ketiga ini menjadi bagian yang juga penting sebagai alasan harus menikah. Sebab, keromantisan suami istri adalah sebuah relaksasi penyegaran jiwa.

Aktivitas romantisme ini melahirkan ketenangan hari, kesegaran jiwa dan bahkan bisa menjadi pemacu semangat beribadah seseorang.

Ketika seseorang bercengkrama dengan istrinya, seorang suami akan merasa senang dan jiwanya terasa segar sehingga dapaty menghapus kepenatan jiwanya.

4. Bagi suami, sebagai saranan untuk mengosongkan hati dari urusan rumah angga dan mempersiapkan kebutuhan hidupnya sendiri

Ini sebenarnya diperuntukan bagi mereka yang tidak bisa menahan syawat dan hidup sendirian. Dan seorang istri dapat membantu memperingan pekerjaan seorang suami.

Jika posisi ini kosong, biasanya seorang suami akan resah. Yang jelas ada beberapa hal yang bisa sangat membantu, terutama seorang istri yang mengetahui akan tugasnya dalam rumah tangga.

Simak artikel berikut: Tugas Istri Menurut Islam.

5. Sebagai sarana pendidikan dan pelatihan jiwa bagi seorang Suami

“Setiap kalian adalah pemimpin dan akan ditanya tanggungjawabnya atas yang dipimpinnya…”

Setidaknya kutipan sabda Rasulullah ini berkaitan alasan harus menikah tentang dinamika hidup. Hal ini terwujud dalam aktivitas suami apakah mampu mengayomi seorang istri.

  • Hidup bersamanya
  • Memahami kebutuhan hidupnya
  • Tabah menerima kenyataan akhlak dan karakter yang melekat pada istrinya
  • Memperbaiki diri dan mengarahkan istri menuju jalan agama yang lurus.

Dan tentunya masih ada banyak hal yang bisa kita pelajari tentang alasan alasan seseorang harus menikah. Semoga informasi ini bermanfaat. Terimakasih. Salam.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed