oleh

Aneka Ramuan Obat Tradisional Untuk Gangguan Pada Pencernaan Anak

INFOYAYRamuan Obat Tradisional. Setiap anak akan mengalami gangguan pencernaan apabila makanan yang masuk kedalam perut tidak baik, Makanan yang tidak baik bisa jadi karena tidak higienis dan tidak bersih. Pola makan yang kurang baik juga bisa menjadi penyebab gangguan pada pencernaan anak.

Perhatian orang tua sangat di utamakan mengenai gangguan pencernaan ini, karena apabila anak terganggu pencernaannya bisa saja akan rewel. Maka dari itu orang tua haruslah memperhatikan dan memastikan asupan yang diterima oleh anak dalam keadaan baik dan higienis tentunya

Berikut ini adalah gangguan yang sering dialami pada pencernaan anak dan juga aneka ramuan obat tradisional untuk gangguan pada pencernaan anak

Ramuan Obat Tradisional Untuk Perut kembung Pada Anak

Untuk membuat ramuan mengatasi gangguan perut kembung pada anak yaitu silahkan Parut bawang merah dan tambahkan minyak telon. Kemudian tempelkan bawang yang sudah diparut tadi pada bagian pusar. Selain itu untuk mengatasi gangguan perut kembung lainnya bisa juga menggunakan daun jarak pagar yang dihangatkan. Caranya yaitu olesi daun jarak pagar yang sudah dihangatkan dengan minyak kelapa, lalu tempelkan pada pusar anak.

Ramuan Obat Tradisional Untuk Diare Pada Anak

Cara membuat ramuan untuk diare pada anak yaitu Sediakan 1/2 jari kunyit yang sudah bersih lalu dibakar dan dipotong-potong. Siapkan 7 pucuk daun jambu biji, air 2 gelas dan garam l/4 sendok teh, bahan bahan tersebut direbus dengan api kecil. Cara penyajiannya pun sederhana yaitu dengan memberikan air rebusan tadi sebanyak 1 sendok teh dalam satu jam sekali.

Untuk mengusir gas, yaitu dengan cara tempelkan pada pusarnya menggunakan parutan bawang merah yang sudah diberi minyak telon. Untuk anak yang sudah agak besar. boleh juga dengan mengunyah halus pucuk daun jambu biji yang sudah bersih ditambah garam lalu ditelan.

Ramuan Obat Tradisional Untuk Anak Yang Mengalami Muntah Muntah

Kejadian Muntah Muntah bisa disebabkan perut mual atau kembung. Untuk mengatasinya yaitu dengan cara Sediakan 1/2 sendok teh ketumbar, 3 butir kapulaga, 5 butir adas hitam, dan air setengah gelas. Kemudian direbus, setelah dingin berikan ke anak sedikit demi sedikit sesering mungkin atau 2 jam sekali.

Selain itu boleh juga dibuatkan air beras kencur, Caranya yaitu cuci 1 sendok makan beras dan direndam sebentar. Sangrai beras tersebut sampai berwarna kecokelatan, lulu ditumbuk halus bersama dengan 1 ruas jari kencur, 1 ruas Jari kunyit, dan 1/4 sendok teh adas manis. Setelah itu diseduh dengan air panas. Tambahkan gula merah, sedikit garam, dan asam jawa. Saring, lalu diminumkan pada anak agar tubuhnya hangat.

Ramuan Obat Tradisional Apabila Anak Tidak Nafsu Makan

Hilangnya nafsu makan dapat disebabkan cacingan atau hal lain seperti masuk angin. Cara mengatasinya, bersihkan 1 lembar daun jarak pagar, setelah itu hangatkan sebentar di atas tutup panci. Beri olesan minyak kelapa pada daun tersebut dan diremas remas, kemudian tempelkan daun tersebut di atas pusar anak, yang sebelumnya sudah diolesi dengan minyak telon.

Bila usia anak sudah lebih dari setahun, coba berikan ramuan 1 telapak tangan daun pepaya, 1 ruas jari temu hitam/temu ireng, seruas jari tempe bosok (tempe kemarin), dan sedikit garam. Semua bahan ditumbk halus, lalu peras pakai kain dan masukkan ke mulut anak.

Khasiat temu hitam untuk mengeluarkan cacing, sedangkan daun pepaya untuk menambah nafsu makannya, dan tempe bosok untuk stamina atau kekuatan tubuhnya. Untuk menambah nafsu makan anak bisa juga dengan ramuan 1 ruas jari temulawak, gula merah, air secukupnya, dan sedikit garam, kemudian rebus dan saring. Minumkan pada anak 1-2 sendok makan sehari.

Baca Juga : Aneka Resep Obat Tradisional Penurun Panas, Batuk, dan Pilek Untuk Anak

Itu tadi ramuan obat tradisional yang bisa dibuat sendiri dirumah untuk mengatasi gangguan pencernaan yang dialami oleh anak, perlu diingat bahwa sebaiknya konsultasikan kepada dokter atau tenaga kesehatan apabila anak mengalami tanda tanda gangguan pencernaan untuk menghindari hal hal yang tidak kita inginkan.

Jadilah orng tua yang smart untuk anak anaknya

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed