oleh

Aneka Resep Obat Tradisional Penurun Panas, Batuk, dan Pilek Untuk Anak

INFOYAYResep Obat Tradisional. Setiap orang tua pasti pernah menghadapi situasi dimana anak mengalami sakit, bagi orang tua yang baru saja mempunyai anak kejadian tersebut sudah pasti akan menimbulkan rasa kepanikan. Sakit pada anak memang memiliki kondisi yang berbeda bahkan cara penanganannya juga akan berbeda bahkan ada juga yang mempunyai ramuan obat tradisional warisan dari leluhurnya.

Bahkan para orang tua juga akan mengalami kurang tidur dan tidur pun jadi tidak nyeyak pada saat anaknya mengalami gangguan panas, batuk dan pilek

Berikut ini merupakan aneka resep obat tradisional asli Indonesia yang bisa digunakan sebagai alternatif pertama menangani sakit yang menghampiri anak, namun perlu diingat bahwa kita tetap harus merujuk pada ketentuan yang dianjurkan oleh dokter.

Baik mari kita simak Resep Obat Tradisionanya untuk mengatasi panas, batuk, dan pilek

Obat Tradisional Untuk Penurun panas pada anak

Resep Obat Tradisional untuk menurunkan panas pada anak atau balita yaitu dengan cara memberikan parutan bawang merah, tambahkan minyak telon, lalu balurkan pada punggung sampai bagian pantat sambil sedikit diurut, Juga pada ubun-ubun. Untuk ramuan minum air kelapa satu gelas lalu ditambah satu sendok teh madu. Aduk, kemudian kukus dan tiriskan. Setelah dingin atau hangat kuku berikan pada anak sebanyak 3 sendok teh setiap 2 Jam sekail. Ramuan ini diberikan untuk bayi dengan usia 8 bulan ke atas. Bila usia anak di bawah 8 bulan. cukup dengan pemberian ASI atau ibunya yang minum ramuan tersebut.

Pada anak yang sudah besar, Bisa mengunakan ramuan berupa meminum air kunyit dan madu. Setengah sampai satu ruas jari kunyit yang sudah bersih kemudian dibakar, dengan dikerik kulitnya terlebih dahulu dan diparut. Lalu diberi air matang 1/2 gelas dan diperas, kemudian diendapkan. Campur bagian air kunyit yang tanpa endapan kedalam 1 butir kuning telur yang sudah di kocok dan tambahkan juga 1 sendok makan madu, setelah ramuan jadi segera berikan dengan cara menyuapkan pada anak. Ramuan ini bisa untuk penurun panas seperti pada sakit cacar air, flu, atau apa saja.

Obat Tradisional untuk Batuk pada anak

Sediakan air jeruk nipis 1 sendok makan ditambah madu 2 sendok makan dan air matang 2 sendok makan. Masukkan dalam gelas dan kukus atau rebus. Setelah agak dingin atau hangat kuku, minumkan pada anak sebanyak 1-2 sendok teh. Berikan ramuan tersebut sebanyak 5 kali dalam sehari.

Obat Tradisional untuk Batuk seratus hari pada anak

Sediakan umbi bidara upas sebesar 1/2 jempol yang sudah bersih, parut dan seduh dengan air panas, lalu aduk-aduk dan dinginkan. Saring dan tambahkan sedikit madu, Minumkan ramuan ini sampai habis, Buatlah ramuan ini 3 kali sehari.

Bisa juga menggunakan ramuan lidah buaya, Lidah buaya dikupas kulitnya dan ambil bagian dagingnya sebanyak dua jari, kemudian dicacah. Tambahkan air hangat dan madu, lalu diminumkan pada anak 1 sampai 2 kali sehari.
Obat Tradisional untuk Batuk karena angin atau dahak susah keluar

Sediakan 1 butir bawang merah kemudian diparut, 1 ruas jari jahe diparut dan diperas ambil airnya, 7 butir adas manis, 1 ruas jari kunyit diparut dan diperas airnya, 1 sendok makan air jeruk nipis, dan 1/2 gelas air. Masukkan semua bahan kedalam cangkir atau gelas, kemudian rebus dan setelah itu saring. Minum 3 kali sehari masing-masing 2 sendok teh.

Obat Tradisional untuk Batuk berlendir pada anak

Campurkan air jahe 1 sendok makan, air kunyit 1 sendok makan, bawang putih 1 siung diparut, air jeruk nipis 1 sendok makan, madu 1 sendok makan, dan 3 sendok makan air matang, kemudian direbus. Diminumkan 3-4 kali sehari 2 sendok teh.

Obat Tradisional untuk Pilek pada anak

Siapkan bawang merah yang diparut, lalu tempelkan pada tulang leher ketujuh (bagian tengkuk) dan ubun-ubun anak setelah sebelumnya di olesi minyak kayu putih. Beri juga minuman yang hangat-hangat, seperti minuman beras kencur. Selain itu, jemur anak di bawah sinar matahari pagi sekitar jam 7 atau di bawah jam 9 pagi. Panaskan bagian dada seperempat jam dan kemudian punggung seperempat jam. Ini bisa dilakukan sambil jalan-jalan pagi.

Baca juga : Kaum Lelaki Harus Tahu Ini Syarat Mencari Calon Istri

Nah itu tadi resep obat tradisional yang sudah diberikan oleh nenek moyang kita sebagai warisan ramuan obat tradisional asli Indonesia yang bisa di gunakan untuk mengatasi panas, batuk dan pilek pada anak. Sebaiknya konsutasikan pada petugas kesehatan terdekat atau dokter karena mereka lebih paham. Hal tersebut untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan karena ketidak tahuan kita. Jadilah orang tua yang smart untuk anak anak yang kita cintai

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 comments

  1. Terimakasih sharingnya. Perlu banget ini untuk yang punya anak kecil, apalagi cuaca belakangan ini gak karuan. Pagi hujan, siang panas, sore hujan lagi. Saya biasanya kalo anak panas cuma dilumuri binahong aja 😁

  2. artikelnya menarik banget. iya ponakan saya pas batuk pilek dikasih parutan bawang dan dikasih ke ubun ubunnya. jangan langsung ke dokter. pasti dikasih obat. padahal treatmentnya belum tentu begitu.

  3. Artikelnya menarik banget, obat-obatan tradisional kaya gini nih bisa dibilang aman untuk ginjal dan organ2 lainnya. Dan rata2 semua pakai madu, boleh deh dicoba dipraktikkan..

News Feed