oleh

Ingin Tidur Yang Berkualitas Lakukan Persiapan Sebelum Tidur Berikut Ini

INFOYAY.COM – Tidur adalah sebuah proses alamiah, proses fisiologi yang terjadi pada makhluk hidup. Tidur merupakan proses pemulihan antara aktivitas. Oleh karena itu, tidur menjadi bagian penting pada siklus kehidupan dan setiap bulan, ini terjadi pada saat tidur jelas akan berdampak pada kesehatan.

Tidur merupakan salah satu aktivitas dalam keseharian kita setelah lelah bekerja atau beraktivitas seharian secara otomatis tubuh akan memberi sinyal untuk tidur. Tidur menjadi proses normal yang pasti kita alami baik siang maupun malam karena dianggap sesuatu yang alami dan manusiawi, banyak orang menganggap remeh kesehatan tidur.

Pada hakekatnya gangguan jangka panjang yang ditakuti adalah kejadian hipoksemia penurunan kadar oksigen dalam darah kronik. Hal inilah yang kerap terjadi pada pasien gangguan tidur kekurangan oksigen dalam darah untuk jangka waktu yang panjang juga akan menyebabkan kekurangan kadar oksigen pada jaringan tubuh, baik karena gangguan sumbatan saluran napas ditandai dengan mendengkur maupun gangguan sentral di otak. Akibatnya pada pasien gangguan tidur terbukti ditemui juga beberapa kondisi seperti hipertensi, stroke, infark jantung, diabetes, dan gangguan ereksi.

Pola tidur berubah seiring dengan bertambahnya usia, semakin bertambah usia maka tubuh mulai banyak melakukan beragam aktivitas. Anak-anak asyik bermain dari pagi hingga petang kegiatan anak sekolah di padati dengan tugas dan kegiatan belajar dan orang dewasa sibuk dengan rutinitas pekerjaan setiap hari.

Itulah sebabnya jam biologis akan berubah ubah menyesuaikan dengan aktivitas dan ritme kebutuhan tubuh perubahan-perubahan ini penting dicermati untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Berikut ini adalah tips yang tidak boleh dilakukan dan yang harus dilakukan pada saat menjelang tidur sehingga dapat menghasilkan tidur yang berkualitas dan memberikan kebugaran pada tubuh pada saat bangun.

Yang tidak boleh dilakukan

1. Olahraga sesaat sebelum tidur jarak antara olahraga dan tidur sebaiknya 2 sampai 4 jam.

2. melakukan kegiatan yang membangkitkan semangat sesaat sebelum tidur, seperti melakukan permainan kompetitif atau bercakap-cakap mengenai masalah penting dengan pasangan anda.

3. menonton TV atau bekerja didepan komputer sebelum tidur.

4. makan atau minum yang mengandung Kafein pada malam hari seperti kopi, teh, coklat, cola dan lain-lain.

5. Membaca buku atau menonton televisi di atas tempat tidur.

6. Bagi anda seorang perokok sebaiknya merokok suaranya sekurang-kurangnya 6 jam sebelum tidur.

7. Tidur dengan keadaan perut lapar atau terlalu kenyang.

8. Minum obat tidur tanpa sepengetahuan dokter hal ini untuk menghindari efek toleransi sehingga Tubuh memerlukan dosis lebih tinggi

Yang harus dilakukan

1. Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya

2. Berolahraga teratur setiap harinya, terutama pada pagi hari terbukti bahwa olahraga yang teratur dapat memperbaiki kualitas tidur.

3. di pagi hari biarkan diri Anda terpapar dengan cahaya terang segera nyalakan lampu atau Bukalah jendela kamar biarkan udara segar mengalir masuk ke dalam kamar.

4. Jaga suhu ruangan yang nyaman di kamar tidur anda.

5. Buat kamar tidur anda cukup senang saat tidur.

6. Usahakan kamar tidur anda cukup gelap untuk memudahkan tidur.

7. Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur dan berhubungan seks.

8. Minum obat sesuai petunjuk Minumlah obat tidur jika diperlukan 1 jam sebelum tidur sehingga dapat menyebabkan rasa mengantuk ketika berbaring atau 10 jam sebelum bangun tidur untuk mencegah rasa mengantuk pada siang hari.

9. Buat ritual sebelum tidur sekurangnya 1 jam menjelang tidur misalnya latihan relaksasi pijatan mandi dengan air hangat melakukan perawatan tubuh atau bermeditasi.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *