oleh

Jaga Kesehatan Waspada Bahaya Penyakit Asam Urat

INFOYAY, Bahaya Penyakit Asam Urat. Sebagian besar orang tidak tahu apa itu penyakit asam urat, gejala yang timbul, serta penyebab terkenanya asam urat. Sehingga lalai dalam menjaga kesehatan agar lebih waspada akan bahaya penyakit asam urat.

Hidup sehat adalah sesuatu yang menjadi keinginan setiap orang. Kesehatan itu sendiri adalah sebuah anugerah yang luar biasa. Keberlimpahan harta, popularitas hidup, dan kesenangan dunia seakan tidak berharga tanpa kesehatan.

Jangankan untuk menikmati kemewahan hidup, dalam kondisi sakit, makan saja akan terasa hambar dan tidak menyenangkan. Akan tetapi, sebagian besar orang kurang memperhatikan kesehatan dirinya.

Gaya hidup modern telah menjebak manusia dalam kehidupan yang serba instan, praktis, dan cepat. Dilihat dari sudut pandang kesehatan, gaya hidup seperti ini tentu saja menimbulkan dampak yang tidak menguntungkan.

Produksi bahan pangan dituntut serba cepat, sehingga dilakukan rekayasa biologi. Makanan instan dan cepat saji mudah didapat, tetapi miskin gizi dan mengandung bahan pengawet.

Manusia modern tidak mempunyai banyak waktu dan lstirahat yang cukup. Tuntutan kerja tinggi dan waktu yang terbatas membuat mereka terjebak stres.

Pola makan dan istirahat pun menjadi tidak teratur. Selain itu, masalah lingkungan seperti polusi air dan udara juga turut menyumbang dampak negatif terhadap kesehatan.

Akibat dari itu semua, banyak orang terserang berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit-penyakit ringan hingga penyakit-penyakit yang mematikan. Menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit menjadi hal yang suiit bagi orang-orang modern saat ini.

Waspada Bahaya Penyakit Asam Urat

Salah satu penyakit tersebut adalah penyakit asam urat. Penyakit ini bukanlah jenis penyakit baru. Asam urat sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu.

Dahulu penyakit asam urat dikenal sebagai penyakit orang kaya yang biasa makan enak. Pasalnya, penyakit ini lebih banyak menyerang para pembesar, raja, dan bangsawan dari pada menyerang orang-orang biasa.

Namun, kini penyakit asam urat menjadi penyakit yang paling umum ditemui di masyarakat, karena asam urat bisa menimpa siapa saja. Tidak hanya menimpa orang tua, tetapi juga kalangan muda seringkaii menderita penyakit ini.

Asam urat merupakan penyakit yang sangat mengganggu. Orang-orang yang menderita asam urat banyak mengeluhkan dampaknpenyakit ini terhadap kehidupan mereka.

Penderita asam urat akan merasa nyeri sendi sendi sakit saat digerakkan, bengkak, dan sebagainya, sehingga membuat mereka tidak mampu bekerja dan beraktivitas.

Sebagai contoh, sebut saja Harun, ia menderita asam urat selama 10 tahun. Jika ia sedang melakukan gerakan salat duduk, kakinya susah dilipat. Berjalan jarak dekat saja sudah pegal-pegal, betis sebelah kirinya sangat panas dan terasa nyeri seperti dicucuk-cucuk jarum.

Selain itu, jari-jari tangannya terasa kaku jika digerakkan, sehingga membuatnya tidak leluasa saat mengetik di keyboard atau ketika sedang menulis. Ia juga tidak sanggup menggendong anak bayinya dalam waktu yang lama.

Kasus asam urat yang dialami Harun mungkin belum seberapa. Pada kasus penyakit asam urat yang parah, seseorang bisa mengalami benjolan-benjolan aneh yang timbul di sekujur tubuh. Kemudian benjolan-benjolan tersebut meletus dan membuat luka yang besar dan sangat sakit.

Baru-baru ini ada berita tentang seorang Iaki-iaki yang berhasil transplantasi tangan di Inggris, Mark Cahill. Mark kehilangan fungsi tangan kanan dan kirinya akibat terinfeksi serangan asam urat parah yang telah ia derita selama 20 tahun.

Mulanya penyakit tersebut muncul di ibu jari dan kakinya 20 tahun lalu. Lima tahun kemudian, penyakitnya menyebar ke tangan kanan. sehingga lari tidak bisa membuka dan tangan tidak bisa difungsikan lagi.

Melihat dampak-dampak yang disebabkan asam urat, tenihat jelas bahwa penyakit ini bukanlah penyakit yang ‘biasa-biasa’ saja. Penyakit asam urat bisa digolongkan ke dalam jenis penyakit yang berbahaya.

Penanganan yang kurang tepat dapat menyebabkan bahaya yang lebih besar. Selain menyerang persendian, penyakit ini dapat menimbulkan kerusakan pada organ-organ tubuh penting lainnya. Bahkan, asam urat memiiiki kaitan dengan penyakit berbahaya yang lain, seperti penyakit jantung.

Fakta tentang bahaya-bahaya penyakit asam urat tampaknya belum banyak diketahui masyarakat. Asam urat masih dipandang sebagai penyakit yang tidak berbahaya.

Akibatnya, banyak orang yang asal-asalan dalam menanganinya. Upaya pencegahannya pun belum menjadi agenda penting dalam pola hidup sehari-hari.

Apa Itu Asam Urat? Gejala, Penyebab, Bahaya dan Solusinya

Apa sebenarnya penyakit asam urat itu? Apa saja gejala, penyebab, dan bahaya asam urat? Bagaimana solusi yang baik untuk menanganinya? Semua pertanyaan tersebut nantikan jawabannya pada artikel berikutnya.

Sebagai pengingat bahaya apa saja yang dapat disebabkan oleh penyakit asam urat. Dengan mengetahui bahaya penyakit asam urat, diharapkan timbul kesadaran untuk membentengi diri dari penyakit asam urat menjadi lebih besar, misalnya, dengan lebih menghidupkan kembali pola-pola hudup yang baik dan sehat.

Pepatah mengatakan, “lebih baik mencegah dari pada mengobati”. Pepatah ini sangat tepat dijalankan untuk menjaga kesehatan. Kesehatan yang kita miliki harus dihargai dengan benar, jika tidak ingin menyesal nantinya.

Saat ini sebagian besar orang yang terserang penyakit disebabkan oleh faktor gaya hidup. Gaya hidup yang berpengaruh buruk terhadap kesehatan, di antaranya merokok, mengonsumsi alkohol, pola makan yang kurang baik, dan kurangnya berolahraga.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed