Petani Wajib Tahu Komposisi Tanah Yang Baik Untuk Tanaman

Infoyay, Pertanian684 views

Infoyay. Komposisi Tanah Yang Baik untuk Tanaman sebaiknya diketahui dan di pahami oleh para petani. Hal ini adalah mutlak karena media tanam (tanah) merupakan sumber penghidupan.

Nah Apa saja komposisi tanah yang harus diperhatikan, diantaranya sebaiknya tanah mengandung Air sebanyak 25%, Udara 25%, Organik 10%, dan Mineral 40%.

πŸ“Œ Air 25% artinya Adalah Kondisi Tanah itu harus terjaga Kadar Air nya agar tetap lembab dan Memiliki kandungan air yang tepat, cirinya dengan tidak Lebih air sehingga tanah Menjadi Liat, Becek, Berair dan tidak terlalu Kering, padat cirinya mudah Keras tidak Gembur.

πŸ“Œ Udara 25% artinya adalah Tanah itu harus memiliki Pori-pori untuk sirkulasi Perputaran Udara yang masuk dan Keluar sehingga Akar tanaman akan bernafas dan berkembang lebih baik, dengan itu penyakit tular tanah patogen dan sebagainya, akan lebih rendah, tetapi terlalu berongga juga tidak baik karena Akan membuat tanah tidak mampu menahan air hujan lebih baik, maka Tanah yang terlalu berpasir Dianjurkan menambah bahan Organik, dan tanah liat yang mudah padat dianjurkan menggunakan sekam dan bahan mineral Kapur.

πŸ“Œ Mineral 40% artinya Adalah Memiliki kandungan Mineral :
βœ”οΈ Ion Positif Ialah kalsium, Magnesium, Kalium
βœ”οΈIon Negatif Nitrat, Phospat, Sulfat

Bahan diatas bisa kita Tambahkan secara Manual Lewat Kapur Pertanian, KAPTAN Atau Bahan ekstraksi dari bebatuan alam Lainnya.

πŸ“Œ Bahan Organik 10% artinya adalah tanah memiliki cukup bahan organik dan tidak lebih juga, dengan ciri permukaan atas Tanah coklat, kehitaman atau jika tanah yang rendah organik dibawah 5% bisa ditambahkan secara manual Kotoran hewan atau Kompos, maka akan meningkatkan Agregat kesehatan tanah secara Fisik, kimiawi dan Biologi.

Bagaimana Jika Komposisi Tanah Yang Baik untuk Tanaman tidak terpenuhi? Tentu Saja Tanaman akan banyak kendala Baik dari produksi buah, pertumbuhan kerdil, Mudah terserang penyakit dan hama.

Maka Dengan hal Dasar Diatas Tanah Mutlak menjadi Kunci Awal Tanaman Tumbuh sehat dan akan menjadi tumpuan atau Sandaran yang nyaman Bagi tanaman kita layaknya seorang anak bersandar pada bahu ibunya 😁😁

Semoga Sedikit Informasi mengenai Komposisi Tanah Yang Baik untuk Tanaman Membantu dan bermanfaat, Salah dan Kurangnya silahkan di kritik dan dibenarkan Terimakasih..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *