oleh

Proses Fermentasi Pembuatan Kompos Yang Benar

Infoyay, Halo assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh salam jumpa salam sejahtera buat teman-teman dimana saja kali ini saya ingin berbagi ya pengalaman tentang proses fermentasi pembuatan kompos yang benar.

Dalam proses pengkomposan sebaiknya kita lakukan pembalikan kompos, saat proses ini kita dapat melihat apakah proses pengomposan ini fermentasinya berjalan dengan baik.

Apa syarat dan tanda-tandanya jika proses fermentasi itu berhasil, ketika kita sedang melakukan pembongkaran atau pembalikan kompos yang kita lakukan selama dua minggu sekali.

Proses Fermentasi pembuatan kompos selama dua minggu difermentasi dengan cara diperam selanjutnya kita balik atau diaduk. Tujuannya supaya bahan kompos yang atas bisa ke bawah yang bahwa bisa ke atas terjadi pembalikan fermentasi.

Selanjutnya fungsi pembalikan atau pengadukan untuk menjaga proses fermentasi pembuatan kompos berjalan, jangan sampai proses fermentasi itu over sehingga panasnya luar biasa di atas 70° itu menyebabkan bakteri mikrobanya akan mati.

Perlu diketahui bahwa pada saat proses fermentasi berlangsung kita harus melakukan pembalikan media komposnya. walaupun pada saat pembuatan kita sudah membuat rongga udara namun tetap kita lakukan pembalikan.

Pertama tujuannya supaya pemerataan permentasi kemudian selama proses pembalikan ini atas ke bawah bawah ke atas ini masuk ke pada kotak.

Kedua membalikkan kedua di kotak kedua ini kita akan melakukan pemeraman selama dua minggu lagi. Jadi setelah dua minggu kita akan kembalikan lagi ke kotak yang pertama dalam proses pembalikan media komposnya.

Setelah 2 minggu proses pemeraman dan pembalikan selanjutnya kita akan lakukan pendederan atau penirisan dengan cara di buka. Proses pendederan ini kita diamkan selama 21 minggu, setelah pendederan selanjutnya kita lakukan penggilingan.

Nah kompos yang sudah digiling tadi masih harus melalui proses pengeringan. Pengeringan disini cukup hanya dengan di anginkan saja tanpa dijemur selama dua minggu.

Pendederan di bawah atap dan tidak terkena sinar matahari langsung agar mikroba yang ada di dalam kompos tidak mati. Inilah proses pengomposan yang kita lakukan sebagai olahan rumah.

Jadi teman yang dimana saja berada kalau ingin membuat proses pengomposan yang benar ya lakukanlah proses fermentasi yang benar.

Nah inilah Proses Fermentasi Pembuatan Kompos Yang Benar, ini fungsi dan tujuan kita melakukan Fermentasi yang benar untuk mendapatkan pengomposan yang benar baiklah demikian Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed