oleh

WOW.. STIKes AISYAH PRINGSEWU JADI UNIVERSITAS, BENARKAH???

INFOYAY, STIKes Aisyah Pringsewu Jadi Universitas, Benarkah?? Nah apa yang terbesit didalam pikiran anda setelah mendengar kabar mengenai STIKes Aisyah Pringsewu yang akan berubah menjadi Universitas.

Pastinya senang bukan? Secara akan ada Universitas di Pringsewu, bahkan bisa jadi merupakan Universitas Pertama yang hadir di Kabupaten Pringsewu. Hal tersebut menjadi bukti nyata Kabupaten Pringsewu adalah kota Pendidikan di Lampung.

Yang menjadi pertanyaan adalah benarkah STIKes Aisyah Pringsewu akan Jadi Universitas? Atau hanya sekedar issu belaka yang hanya untuk menggenjot popularitas. Atau memang benar adanya kabar perubahan tersebut.

Untuk merubah bentuk perguruan tinggi menjadi sebuah Universitas tentu saja tidaklah semudah merubah bentuk bangunan dan warnanya. Merubah sebuah bentuk perguruan tinggi harus sesuai dengan permenristekdikti No.50 tahun 2015.

Setelah dilakukan perubahan terhadap Permenristekdikti No.50 Tahun 2015 dengan menerbitkan Permenristekdikti No.100 Tahun 2016 Tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran PTN, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin PTS

Universitas, yaitu Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan jenis pendidikan akademik, dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi, dan/atau profesi dalam berbagai rumpun Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, melalui:

Program Sarjana;
Program Magister;
Program Doktor;
Program Diploma Tiga;
Program Diploma Empat atau Sarjana Terapan;
Program Magister Terapan;
Program Doktor Terapan; dan/atau
Program Profesi;

Yang terdiri atas paling sedikit 10 (sepuluh) Program Studi pada program sarjana yang mewakili 6 (enam) Program Studi dari rumpun ilmu alam, rumpun ilmu formal, dan/atau rumpun ilmu terapan yang meliputi pertanian, arsitektur dan perencanaan, teknik, kehutanan dan lingkungan, kesehatan, dan transportasi.

Serta 4 (empat) Program Studi dari rumpun ilmu agama, rumpun ilmu humaniora, rumpun ilmu sosial, dan/atau rumpun ilmu terapan yang meliputi bisnis, pendidikan, keluarga dan konsumen, olahraga, jurnalistik, media massa dan komunikasi, hukum, perpustakaan dan permuseuman, militer, administrasi publik, dan pekerja sosial.

Dari pemaparan yang dijelaskan pada permenristekdikti beserta perubahannya ternyata tidak mudah dalam melakukan perubahan sebuah perguruan tinggi menjadi universitas. Dan perubahan tersebut harus memiliki 10 (sepuluh) Program Studi pada program sarjana yang mewakili 6 (enam) Program Studi dari rumpun ilmu yang berbeda.

Nah sekarang terkait dengan benarkah STIKes Aisyah Pringsewu akan menjadi Universitas? Mari kita simak fakta berikut ini

#PROGRAM STUDI

STIKes Aisyah Pringsewu saat ini memiliki Program Studi yaitu Program Studi Profesi Ners, Ilmu Keperawatan (S1), Ilmu Gizi (S1), Farmasi (S1), D4 Kebidanan (Diploma 4). Selain itu di lingkungan kampus juga ada Institusi lainnya selain STIKes Aisyah Pringsewu.

Institusi tersebut adalah Akbid Medica Bakti Nusantara (Akbid MBN) yang memiliki Program Studi D3 Kebidanan (Diploma 3) dan Sekolah Tinggi Teknologi (STT Aisyah Pringsewu) dengan 2 program studi. Program Studi yang ada di STT Aisyah Pringsewu yaitu Program Studi Teknik Informatika (S1) dan Teknik Elektronika (D3).

Dari ketiga institusi STIKes Aisyah Pringsewu, Akbid MBN, dan STT Aisyah Pringsewu merupakan satu keluarga yang berdiri dalam satu naungan yayasan yaitu Yayasan Aisyah Lampung.

#AKREDITASI

Apabila mengacu pada Pasal 60 ayat (2) dan ayat (4) UU Dikti untuk melakukan perubahan Perguruan Tinggi yang didirikan harus memenuhi standar minimum akreditasi. Mengenai hal tersebut STIKes Aisyah Pringsewu sudah memenuhi ambang batas persyaratan akreditasi. Program Studi yang ada di lingkup institusi sudah memiliki akreditasi B.

#YAYASAN

Yayasan Aisyah Lampung merupakan rumah naungan bagi ketiga institusi yang berdomisili di Jalan A.Yani No 1A Tambahrejo Gadingrejo Pringsewu Lampung. Hasil dari kerja keras, kerja cerdas, disiplin dan kekeluargaan yang di tanamkan oleh yayasan kepada civitas akademika mampu merubah institusi menjadi lebih baik seperti saat ini.

Terkait dengan kebenaran STIKes Aisyah Pringsewu menjadi Universitas. Sesuai dengan apa yang di jelaskan oleh Pembina Yayasan Aisyah Bapak Isnaidi Guswantoro, S.Kep. pada saat sambutan dalam kegiatan Buka Bersama Ramadhan 1440H/2019M di gedung Aula Kampus STIKes Aisyah Pringsewu (23/5/2019).

Dihadapan ratusan peserta buka bersama Beliau meminta doa untuk kelancaran terbitnya Surat Keputusan mengenai Universitas yang memang saat ini sedang dalam proses. Pengajuan sudah dilakukan, visitasi oleh tim dari kemenristekdikti juga sudah dilakukan, sekarang tinggal menunggu SKnya.

Dari penjelasan yang disampaikan oleh Bapak Isnaidi Guswantoro, S.Kep. selaku pembina yayasan ini bisa diartikan bahwa STIKes Aisyah Pringsewu sudah siap menjadi Universitas Pertama di Kabupaten Pringsewu Lampung.

Informasi tambahan, bagi anda yang masih penasaran dan ingin mengetahui apa saja persyaratan untuk mendaftar menjadi mahasiswa di kampus yang sebentar lagi menjadi universitas pertama di pringsewu ini. Juga informasi biaya kuliahnya silahkan bisa kontak ke nomor +628 117 200 100.

Oh iya ini penting untuk di perhatikan bahwa sebelum menjadi universitas di kampus STIKes Aisyah Pringsewu, Akbid MBN, dan STT Aisyah Pringsewu ada diskon potongan daftar ulang besar besaran lho. Supaya tidak ketinggalan segera hubungi ke nomor yang sudah tertera ya, bisa Telpon, SMS, atau WA.

Nah untuk kebenaran apakah STIKes Aisyah Pringsewu akan menjadi Universitas, kita tunggu rilis resmi ya..

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed