oleh

Tanggung Jawab Bidan Dalam Praktik Kebidanan

INFOYAY.COM, Tanggung Jawab Bidan dalam Praktik Kebidanan – Seorang Bidan mempunyai peranan penting dalam dunia kesehatan khususnya pada saat menangani kehamilan dan persalinan

Peranan bidan juga menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan keluarga dalam melewati proses pembentukan keluarga. Sebagai contoh di masyarakat yaitu pemeriksaan kehamilan, sejak awal sudah dimulai dengan pemeriksaan oleh tenaga kesehatan bidan.

Dimulai sejak persiapan kehamilan kemudian pemeriksaan kehamilan dari semester pertama, semester kedua dan semester tiga. Wanita hamil akan selalu mengandalkan peran bidan hingga pada tahap persalinan

Untuk itu tanggung jawab bidan sangatlah besar dan tidak bisa disepelekan karena menyangkut nyawa calon generasi penerus bangsa. Berikut ini adalah beberapa tanggung jawab seorang bidan yang harus di pahami

Tanggung jawab bidan terhadap klien dan masyarakat

Setiap bidan senantiasa menjunjung tinggi, menghayati, dan mengamalkan sumpah jabatannya dalam melaksanakan tugas pengabdiannya. Dalam menjalankan tugas profesinya bidan harus menjunjung tinggi harkat dan martabat kemanusiaan yang utuh dan memelihara citra bidan. Kemudian dalam menjalankan tugasnya haruslah berpedoman pada peran, tugas dan tanggung jawab sesuai dengan kebutuhan klien, keluarga dan masyarakat.

Sebagai seorang bidan dalam menjalankan tugasnya harus bisa mendahulukan kepentingan klien. Menghormati hak-hak klien dan menghormati nilai-nilai yang berlaku di masyarakat. Selain itu juga hendaknya mendahulukan kepentingan klien, keluarga dan masyarakat. Meskipun dengan identitas yang sama, perlakuan harus sesuai dengan kebutuhan berdasarkan kemampuan yang dimilikinya.

Bidan yang baik senantiasa menciptakan suasana yang serasi dalam hubungan pelaksanaan tugasnya. Dengan mendorong partisipasi masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatannya secara optimal.

Tanggung Jawab Bidan terhadap Tugasnya

Tugas bidan seharusnya melakukan pelayanan paripurna terhadap klien, keluarga dan masyarakat. Perlakuan tersebut dilakukan sesuai dengan kemampuan profesi yang dimilikinya berdasarkan kebutuhan klien, keluarga dan masyarakat.

Bidan juga berhak memberikan pertolongan dan mempunyai kewenangan dalam mengambil keputusan dalam tugasnya termasuk keputusan mengadakan konsultasi atau rujukan.

Selain itu bidan harus menjamin kerahasiaan, keterangan yang didapat atau dipercayakan kepadanya. Kecuali bila diminta oleh pengadilan atau diperlukan sehubungan kepentingan klien.

Tanggung Jawab Bidan terhadap Sejawat dan Tenaga Kesehatan Lainnya

Poin ini juga sangatlah penting dimana seorang bidan harus mampu menjalin hubungan harmonis dengan teman sejawatnya. Tanggung jawab bidan terhadap sejawat dan tenaga kesehatan lainnya untuk menciptakan suasana kerja yang serasi. Dalam melaksanakan tugasnya harus saling menghormati baik terhadap sejawatnya maupun lainnya.

Tanggung Jawab Bidan terhadap Profesinya Lainnya

Bidan diharuskan bisa menjaga nama baik serta menjunjung tinggi citra profesinya. Sebagai seorang bidan dengan menampilkan kepribadian yang baik dan memberikan pelayanan yang bermutu kepada masyarakat. Juga harus senantiasa mengembangkan diri dan meningkatkan kemampuan profesinya sesuai dengan IPTEK. Mampu berperan serta dalam kegiatan penelitian dan kegiatan sejenisnya yang dapat meningkatkan mutu dan citra profesinya.

Tanggung Jawab Bidan tarhadap Pemerintah

Setiap bidan dalam menjalankan tugasnya, senantiasa melaksanakan kegiatan-kegiatan pemerintah dalam bidang kesehatan khususnya dalam KIA/KB dan kesehatan keluarga dan masyarakat.

Melalui profesinya bidan haruslah berpartisipasi dan menyumbangkan pemikirannya kepada pemerintah untuk meningkatkan mutu jangkauan pelayanan kesehatan, terutama KIA/KB dan keluarga

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed