Pendidikan

Tips Mendapatkan Dana Hibah Penelitian Dosen dan Sumber Pendanaannya

Infoyay.com, Tips Mendapatkan Dana Hibah Penelitian Dosen. Melakukan kegiatan penelitian selanjutnya melaporkan hasil penelitian tersebut meerupakan salah satu dari beberapa kewajiban seorang dosen.

Melaksanakan kegiatan penelitian ini juga merupakan bagian dari kegiatan dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Pelaksanaan kegiatan penelitian ini tidak hanya bermanfaat bagi dosen yang bersangkutan, akan tetapi juga untuk kepentingan perguruan tinggi sekaligus masyarakat luas.

Hanya saja kegiatan penelitian ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit tentunya, apalagi melakukan penelitian bisa berlangsung bertahun-tahun.

Nah untuk merealisasikan kegiatan penelitian tersebut dari mana dosen ataupun perguruan tinggi yang tersebut bisa memperoleh dana hibah penelitian bagi dosen?

Tips Mendapatkan Dana Hibah Penelitian Dosen

Sebagai salah satu upaya untuk merealisasikan kegiatan penelitian agar bisa mememperoleh sumber dana hibah penelitian dosen yang sudah ada dan disediakan oleh Ditjen Dikti ataupun dari lembaga pemerintahan lainnya.

Untuk itu dosen bisa mencoba beberapa tips berikut ini:

1. Dalam Penelitian Dengan Tujuan Yang Jelas

Secara umum kegiatan penelitian yang dilaksanakan oleh para dosen merupakan penelitian yang memiliki tujuan yang jelas.

Sehingga output dari penelitian dapat dimanfaatkan bagi banyak pihak, dalam pemanfaatan hasil dari penelitian tidak hanya bagi dosen dan perguruan tinggi dimana tempat dosen mengabdikan dirinya.

Dalam mempersiapkan usulan yang akan diajukan untuk mendapatkan dana hibah penelitian dosen, maka dosen haruslah mencantumkan tujuan penelitian yang jelas.

Hal tersebut disesuaikan dengan agenda riset nasional sebagai upaya memperbesar peluang memenangkan kompetisi dalam tips mendapatkan dana hibah penelitian dosen tersebut.

2. Penelitian Bersifat Urgent

Perlu diketahui pada dasarnya dalam melakukan penelitian tidaklah cukup dengan mengatakan bahwa penelitian yang dilaksanakan bersifat “baik” atau dengan kata “penting”.

Bagi Dosen yang mengusulkan dana hibah dan menginginkan cepat mendapatkan dana hibah penelitian ada baiknya dosen tersebut memastikan penelitian tersebut sifatnya “urgent”, sehingga tidak dapat ditunda lagi.

Umpamanya dalam penelitian tersebut dilakukan sebagai upaya menyelesaikan suatu permasalahan yang bersifat urgent.

Sehingga dana yang diperuntukan melakukan kegiatan penelitian tersebut akan segera didapatkan, akan tetapi harus di pastikan baha penelitian ini bersifat benar-benar urgent sesuai kebutuhan pada masa kini.

3. Penelitian Memiliki Manfaat Besar

Dalam kegiatan Penelitian yang dilaksanakan oleh dosen sebaiknya memberikan kemanfaatan yang cukup besar di berbagai bidang.

Langkah ini dapat membantu kemungkinan mendapatkan peluang untuk segera memperoleh dana hibah penelitian dosen.

Yakni bisa bermanfaat bagi perkembangan iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi), juga bermanfaat bagi pembangunan, dan bisa memberi manfaat yang besar di masa mendatang.

Semakin banyak manfaat yang diberikan dalam penelitian maka semakin penting penelitian ini bisa segera dilaksanakan, sehingga kemungkinan besar pula kucuran dana bantuan hibah bagi penelitian dosen tersebut akan lebih cepat diberikan.

infoyay

INFOYAY Media Informasi dan Promosi, Mengulas Opini, Trend Viral, Gaya Hidup, Kesehatan, Pendidikan, Pertanian, Ekonomi Bisnis, Wisata Kuliner di Lampung

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button